BREAKING NEWS
loading...
loading...

Sunday, 15 December 2013

Perkembangan Internet dan Online Shop di Indonesia

Perkembangan Internet di Indonesia melesat begitu cepat sejak tahun 2006, di mana saat itu kehadiran warung internet sebagai sarana akses internet bagi masyarakat menjamur di mana-mana. Kemudahan dalam meng akses informasi dan komunikasi dengan jaringan  yang lebih luas membuat internet menjadi media komunikasi dan informasi populer  di masyarakat  sejak saat itu, bahkan hampir mengalahkan media komunikasi lainnya seperti televisi ataupun media cetak. Penggunanya juga semakin meningkat tidak hanya dari kalangan pelajar/mahasiswa, bahkan anak-anak sampai kaum lanjut usia pun mulai menjadi pengguna aktif internet
             Pada akhir 2006, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 18 juta orang. Menurut Dirut PT Telkom, Arwin Rasyid, dengan jumlah pengguna internet sebesar 18 juta, pengguna internet di Indonesia menjadi yang terbesar di kawasan Asia. Dari jumlah tersebut, di tahun 2007 ini, menurut Sylvia W. Sumarlin, Ketua Umum APJII, pengguna internet di Indonesia berpotensi untuk bertambah 5 juta menjadi 23 juta pengguna. Dan jumlah ini akan terus melonjak, diperkirakan mencapai 60 juta pengguna pada tahun 2010 (www.republika.co.id , 1 Maret 2007)
Warnet, Friendster, Chatting, Game Online
              Siapa tidak kenal Friendster? Bagi mereka yang sudah mengenal Internet sejak tahun 2005, pasti akan mengenal situs yang satu ini. Salah satu factor yang membuat Internet popular di kalangan anak muda saat itu adalah Friendster. Friendster adalah  sebuah situs jejaring Sosial yang dulunya digunakan untuk berkencan dan mencari tahu tentang acara baru, band, dan hobi. Pengguna dapat berbagi video, foto, pesan dan komentar dengan anggota lain melalui profil dan jaringan mereka. Friendster dianggap sebagai salah satu jejaring sosial asli dan bahkan "kakek"-nya semua jejaring social.  
Friendster dianggap sebagai salah satu jejaring sosial asli dan bahkan "kakek"-nya semua jejaring social

Layanan ini sangat populer di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Tidak dapat dipungkiri, jejaring social adalah salah satu factor yang membuat pengguna internet di Indonesia meningkat pesat.
              Selain jejaring social, perkembangan internet di Indonesia juga dipengaruhi factor game online dan chatting yang popular di kalangan pelajar saat itu. Anak muda kalangan pelajar/mahasiswa saat itu rela berjam-jam nongkrong di warnet, menghabiskan uang jajan mereka hanya untuk chatting dan bermain game di depan layar computer. Bayangkan saja, chatting dan game online membuat banyak anak-anak Indonesia bisa berkomunikasi dan berinteraksi dengan semua anak-anak sebaya mereka di seluruh dunia. Perkembangan kemampua berbahasa pun menjadi tuntutan yang sekaligus membuat anak-anak Indonesia sekarang menjadi pandai berbahasa inggris secara textual. Secara tidak langsung, anak-anak kalangan pelajar/mahasiswa pecandu chatting, game online, dan friendster di masa inilah yang menjadi pionner perkembangan pengguna Internet Indonesia di masa sekarang. Jika saat itu mereka hanyalah sebagai user dan pecandu game, maka seiring dengan peningkatan usia dan kebutuhan mereka, pengguna internet ini mulai berkembang menjadi contributor (blogger, web developer) yang membuat internet di Indonesia tidak hanya menjadi milik kaum muda, tetapi juga kamu dewasa yang juga ikut merasakan manfaat internet sehingga penggunaanya semakin meluas.

Facebook dan Blackberry
              Pertengahan tahun 2008 muncul fenomena Facebook yang mulai popular di Indonesia. Jejaring social ini bisa dengan mudah merangkul berbagai kalangan karena tujuan awal penciptaannya adalah untuk menemukan teman-teman lama. Ini membuat facebook lebih popular untuk semua kalangan, berbeda dengan pendahulunya Friendster yang lebih condong ke anak ABG. Pada tahun ini pula fenomena ponsel pintar Blackberry dengan fitur Blackberry Messenger nya mulai menyihir masyarakat Indonesia. Sejak saat itu setiap orang seolah tidak mempunyai batas ruang dan waktu dalam berhubungan satu sama lain. Dari sinilah orang mulai memanfaatkan link yang tidak terbatas ini sebagai potensi pasar dalam menjual suatu barang. 
Facebook sebagai cikal bakal Online Shop Indonesia

              Dengan semakin banyaknya pengguna Facebook dan Smartphone Blackberry, orang bisa dengan mudah untuk saling bertukar informasi, baik itu berupa teks, gambar, suara maupun video. Celah ini dimanfaatkan oleh banyak orang sebagai salah satu alat pemasaran yang potensial. Kemajuan teknologi seperti internet banking dan juga semakin luasnya jaringan jasa kurir pengiriman barang membuat munculnya sebuah trend bisnis baru di Indonesia. 

Bisnis Online shop membuat pembeli dan penjual begitu mudah berinteraksi tanpa harus bertemu secara langsung. Jangkauan transaksi pun tidak terbatas selama masih mencakup jangkauan jaringan kurir jasa pengiriman. Bahkan sekarang cakupannya mencapai seluruh Dunia. 

Sumber:
Analisis Kelayakan Usaha
oleh Angga Pratama
             

Share this:

Post a Comment

loading...
 
Copyright © 2014 Rasendriya Bercerita. Designed by OddThemes