BREAKING NEWS
loading...
loading...

Sunday 27 April 2014

Penasaran dengan Cara Kerja Kulkas Mini USB, Ternyata Menggunakan Peltier!

Akhir-akhir ini ketika sedang browsing,  sering saya melihat di beberapa web ada iklan tentang Kulkas Mini USB.  Ukurannya kecil sehingga disebut mini, jika dilihat hanya bisa memuat satu kaleng softdrink. Kulkas atau alat pendingin ini hanya menggunakan USB sebagai sumber tenaganya. Itu artinya kulkas ini bisa digunakan hanya dengan mencolokannya ke laptop. Wah koq bisa?


Dilihat dari harganya, memang cukup murah, rata-rata harga jualnya sekitar 140-160 ribu rupiah. Sepertinya ini memang produk improvement dari negeri China. Memang negeri ini terkenal dengan alat-alat inovasinya yang unik dan yang terpenting adalah harganya yang murah. Walaupun dari segi kualitas memang tidak bisa diharapkan. Dengan melihat harganya saja saya yakin alat tersebut hanya akan bertahan kurang dari 1 tahun, bahkan mungkin tidak sampai 6 bulan.

Tapi yang membuat saya penasaran adalah bagaimana cara kerja alat sekecil ini. Dengan hanya power yang sekitar 12 volt, bagaimana bisa mendinginkan sekaleng softdrink?

Kulkas yang saya kenal selama ini mempunyai beberapa komponen utama seperti Kompressor, Kondensor, Filter, Evaporator, Thermostat, Heater, Fan Motor, dan Bahan Pendingin yakni Freon. Biasanya alat ini terdapat di bagian bawah di belakang kulkas. Lalu bagaimana alat seperti Kulkas Mini USB ini bisa memuat komponen-komponen sebanyak itu?

Saya coba browsing dan mencari tahu bagaimana prinsip kerja Kulkas Mini USB ini. Hingga akhirnya saya bertemu sebuah komponen listrik bernama PELTIER




Keramik Peltier atau lebih dikenal dengan lempengan Peltier adalah lempengan berbahan dasar keramik yang memiliki fungsi sangat unik. Peltier ini adalah modul Thermo-Electric, umumnya dibungkus oleh keramik tipis yang berisikan batang-batang Bismuth Telluride di dalamnya. Ketika disupply tegangan DC 12volt-15volt salah satu sisi akan menjadi panas dan sisi lainnya menjadi dingin. Mengapa bisa begitu? karena Peltier memiliki 2 bagian yang berbeda, yakni 
  1. Cool Side (Heat Absorbed) yang bekerja menyerap kalor (panas) sehingga bagian ini merupakan lempengan yang dingin
  2. Hot Side (Heat Released) yang bekerja melepas kalor (panas) sehingga bagian ini merupakan lempengan panas
Perbedaan suhu antara kedua bagian adalah sekitar 30 derajat celcius. Sehingga apabila bagian Hot Side bersuhu 45 derajat C maka Cool Side akan bersuhu sekitar 15 derajat C.
Jadi semakin dingin Hot Side maka Cold Side akan semakin dingin pula dan bisa sampai dibawah 0 derajat celcius.





Lempeng Peltier ini awalnya banyak digunakan untuk mendinginkan Prosesor Komputer, sehingga performanya selalu optimal. Namun seiring perkembangan waktu, alat ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuat Kulkas MINI USB. Jika diberi arus yang optimal, sisi dingin dari lempeng peltier ini bisa mencapai suhu yang mendekati beku. Artinya dengan desain tertentu, kotak plastik dari Kulkas Mini USB ini bisa membuat sekaleng softdrink menjadi dingin seperti saat kita memasukannya ke dalam Kulkas. Walaupun sebagai konsekuensinya sepertinya daya baterai laptop anda akan cepat habis karena Kulkas ini.
Sebagai informasi, Lempengan Peltier ini dijual seharga Rp 50.000 per pcs nya, cukup murah memang. Pantas saja harga kulkasnya hanya mencapai Rp 140.000 saja. Jika anda ingin mencoba, anda bisa mencoba untuk membuat sendiri kulkas Mini USB seperti ini. Saya lihat Peltier ini dijual juga di kaskus.
Well, sepertinya akan banyak lagi inovasi-inovasi menarik yang akan menghasilkan alat-alat praktis yang sangat berguna. Kita tunggu saja, atau lebih baik kita cari saja dan buat alat inovatif seperti ini. Bisa kan?




Share this:

10 comments :

  1. Bos gimana menurut anda jika lempengan peltier ini digunakan untuk membuat ac mini, yang mana lempengan peltier tersebut dihembuskan dengan menggunakan baling2, sungguh menarik artikel ini, thank ilmu nya

    ReplyDelete
  2. Bos gimana menurut anda jika lempengan peltier ini digunakan untuk membuat ac mini, yang mana lempengan peltier tersebut dihembuskan dengan menggunakan baling2, sungguh menarik artikel ini, thank ilmu nya

    ReplyDelete
  3. gan.. kalo untuk meningkatkan panas/dingin nya bs ga ya.. seperti kulkas.. ganti voltase atau gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peningkatannya harus dengan perhitungan Gan misalnya Luas area yang akan di buat dingin (Kbu : British Thermal Unit) itu seberapa besar tentunya dengan kapasitas pertier itu sendiri jadi bisa memakain beberapa pertier..akan tetapi kita harus mengerti 1 pertier memakan amper yang lumayan sekitar 12volt - 13,5 volt dengan pemakaian 5A..kalau 4 otomatis 20A..dan seterusnya, dan Lempeng pendinginan dan pemanasan sebanding, semakin rendah sisi panas, maka sisi dingin juga semakin rendah juga.
      >> Pengertiannya seperti itu Bro, salam elekronika.<<

      Delete
  4. Wow Mantap Min

    Terima kasih atas info-infonya min :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh juga ni ide nya saya mau bikin coba di hlm biar kalo lagi macet kepala tetep dingin haa haaa

      Delete
  5. Salam Eletronika...Bro and Sis
    Sebetulnya pertier itu bisa pakai tegangannya di balik plus jadi negative dan sebaliknya cuma harus mengerti untuk sisi yg panas itu harus pakai Headsing yg mencakupi untuk buangan panasnya...dan semakin adem sisi panasnya akan menimbulkan sisi dinginnya makin jadi karena perbedaanya bisa mencapai 65 derajat..celcius dari panas kedinginya otomatis haus diperhatikan sisi Heatsinknya yang sisi panas...dengan mengunakan Kipas secukupnya..(12volt fan bisa digabung dengan pertier asal Ampernya memenuhi syarat kerja pertier tersebut)

    Bisa liat dari dagangan ane ye Gan

    Ini mungkin bisa jadi solusi siapa cepat aja kalau stock masih ada intip ya...

    https://www.bukalapak.com/p/elektronik/komponen-elektronik/3k2br3-jual-peltier-panas-dingin-paket-heatsink-coldsink-permanent

    maaf sekali lagi promo..=) sekalian share apa itu pertier...

    ReplyDelete
  6. info yang bermanfaat
    http://www.sanken.co.id/1/2/produk/home-appliances/lemari-es.html

    ReplyDelete
  7. Gmn klo kulkasny dicolok terus menerus, apakah kulkasny akan menjadi cepat rusak

    ReplyDelete

loading...
 
Copyright © 2014 Rasendriya Bercerita. Designed by OddThemes