BREAKING NEWS
loading...
loading...

Wednesday 3 June 2015

Tips Memperbaiki Sepatu yang Rusak dengan Mudah

Terkadang dengan alasan suka atau nyaman dipakai, sepasang sepatu menjadi lebih sering anda pakai dari pada sepatu lainnya yang anda miliki. Atau bisa juga jika anda hanya memiliki sepasang sepatu saja sehingga kemanapun anda pergi, apapun kegiatannya sepatu itu terus anda pakai. Well apapun alasannya seperti halnya barang lain, sebuah sepatu juga tentu bisa rusak selama pemakaiannya. Lama waktu kerusakannya ditentukan juga oleh bagaimana pemakaian sepatu itu dan juga kualitas sepatu itu sendiri.

Harga yang mahal tidak selalu menjamin sebuah sepatu akan awet, namun setidaknya harga yang mahal akan memberikan jaminan kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan sepatu dengan harga yang murah.

Jika anda sudah terlanjur jatuh cinta dengan sepasang sepatu kesayangan tentunya akan merasa sangat sedih jika sepatu tersebut mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan. Sol yang mulai lepas, robek, berlubang semuanya bisa terjadi kapan saja terhadap sepatu anda. Sayangnya sebagian besar dari kita malah acuh tak acuh dengan kerusakan ini, hingga walaupun sepatu kita sudah rusak kita tetap saja memakainya. Terkadang ada juga yang beranggapan bahwa semakin rusak semakin enak dipakai. Anggapan ini mungkin ada benarnya juga karena biasanya sepatu terbuat dari bahan yang flexible sehingga strukturnya akan mengikuti bentuk kaki kita. Lama kelamaan bentuknya akan berubah menyesuaikan dengan bentuk kaki kita sehingga dirasa lebih nyaman dibanding saat sepatu masih baru.

Tapi itu semua tentu bukan alasan yang membenarkan anda untuk bersikap acuh terhadap kerusakan sepatu anda. Percayalah dengan sedikit melakukan perawatan terhadap sepatu anda, anda akan bisa memperpanjang umur pakai sepatu anda. Apalagi jika itu sepatu kesayangan, tentu anda ingin barang kesayangan itu lebih lama bertahan bukan?

Memperbaiki Sepatu yang Robek atau Berlubang

Kasus yang lumayan sering terjadi adalah sepatu rusak karena robek atau berlubang. Biasanya kasus ini terjadi pada sepatu berbahan kain kanvas. Sepatu sejenis ini memang banyak dipakai anak muda karena lebih nyaman dan tidak terlalu formal. Robek atau berlubang ini bisa disebabkan oleh gesekan dengan benda yang merusak struktur rajutan kain kanvasnya. Agar tidak semakin meluas, anda bisa menambal lubang atau robekannya dengan cara berikut

Pertama siapkanlah sebuah plaster kain seperti untuk membalut luka, anda bisa mewarnainya dengan alat tulis atau apapun agar warnanya bisa sama dengan warna sepatu anda. Atau jika anda suka, anda bisa membiarkan warna plaster ini seperti apa adanya, yakni menyerupai warna kulit manusia. Selain itu siapkanlah lakban, gunting, kertas koran dan yang terpenting adalah lem superglue.

Jika semuanya telah siap, mulailah untuk menggelar kertas koran agar tidak terjadi ceceran lem yang akan merusak lantai. Lem superglue banyak kita temui dengan harga yang terjangkau, gunakanlah lem ini untuk memperbaiki sepatu anda. Bersihkan dulu sepatu anda, terutama dibagian yang akan diperbaiki. Bersihkan dari debu dan minyak karena dua hal ini akan membuat lem tidak merekat kuat. Pastikan bagian yang akan diperbaiki ini benar-benar bersih dan kering. 


Mulailah dengan melapisi bagian dalam sepatu anda dengan lakban dibagian yang berlubang. Ini bertujuan agar lem tidak merembes masuk ke bagian dalam sepatu anda. Setelah bagian dalamnya dilakban, tempelkan plaster pembalut di bagian sepatu yang berlubang. Jika lubangnya cukup besar, anda bisa menggunakan lebih dari satu lapisan plaster untuk menutupinya. Usahakan plaster merekat dan tetap ditempatnya sebelum anda mengoleskan lem. Lem ini kita oleskan ke seluruh permukaan plaster. Lem jenis superglue ini mempunyai sifat meresap di permukaan kain sehingga kita perlu meratakannya. Hati-hati saat meratakan karena lem ini sangat cepat kering, mudah menguap dan juga daya rekatnya yang sangat kuat.

Setelah dirasa sudah cukup merata biarkan mengering. Biasanya sepatu anda akan menjadi kaku beberapa saat karena struktrunya berubah. Namun lama-lama strukturnya akan kembali mengikuti struktur kaki anda sehingga bisa kembali nyaman digunakan.

Well sekarang sepatu anda sudah nampak lebih baik tanpa robekan atau lubang yang menggangu.

Share this:

1 comment :

loading...
 
Copyright © 2014 Rasendriya Bercerita. Designed by OddThemes