BREAKING NEWS
loading...
loading...

Wednesday 9 December 2015

Review Kelebihan dan Kekurangan Mifi Smartfren Andromax M2Y Menurut Pengalaman Pribadi

Akhir-akhir ini pengguna Smartfren pasti sering menerima SMS pemberitahuan promo dari Operator tentang diskon produk Smartfren 4G LTE. Yang unik adalah makin hari diskon yang diberikan semakin besar. Saya yang awalnya tidak tertarik dengan produk 4G LTE dari Smartfren pun akhirnya penasaran, seperti apa sih produk yang sampe akhirnya diberikan gratis kepada pengguna setia Smartfren. Kebetulan saya adalah pengguna Smartfren Andromax C2.

Beginilah Rasanya Memakai Smartphone Andromax C2

Sebetulnya saya menggunakan Smartfren sejak 2012 akhir, dimulai dari Modem CDMA, lalu berlanjut ke Smartfren Andromax Tab 7, lalu ke Smartfren Andromax C2 yang saya gunakan sekarang. Alasan terbesar saya menggunakan Smartfren adalah harganya yang relatif lebih murah dibanding produk sejenis dan juga sinyal nya yang lumayan bagus di daerah tempat saya tinggal. Kebetulan saya tinggal di wilayah Kabupaten Bandung daerah Selatan di mana sinyal GSM provider lain relatif ngos-ngosan tak pernah stabil. Hingga akhirnya Smartfren lah yang saya percaya hingga saat ini.

Isu tentang Smartfren akan menghapus layanan EVDO nya sudah saya dengar semenjak Ramadhan kemarin. Namun karena C2 saya masih berfungsi dengan baik, maka saya awalnya tidak tertarik dengan produk baru dari Smartfren yang dilabeli 4G itu. Selain harganya relatif masih tinggi, saya juga masih ragu jika sinyal 4G bisa menjangkau tempat saya tinggal yang bisa dibilang masih perkampungan ini.

Namun, beberapa minggu terakhir ini Smartfren memberikan penawaran menarik berupa MIFI Gratis bagi pengguna Smartfren hanya dengan isi pulsa Rp 100.000. Awalnya saya tidak percaya dan membaca dengan betul isi SMSnya karena biasanya promo operator selalu diiringi jebakan Batman

Tetapi kali ini isi SMSnya benar-benar menjelaskan jika saya mengisi pulsa Rp 100.000 di Gallery Smartfren, maka MIFI bisa didapatkan secara cuma-cuma alias Gratis. Padahal harga jualnya saat ini sekitar Rp 399.000

Singkat cerita berangkatlah saya menuju Gallery Smartfren BEC. Karena hari itu hari Minggu maka Gallery Smartfren yang buka hanyalah di BEC, SUCI dan SOETTA. Pukul 12 siang saya sudah berada di BEC dan ternyata memang ZONK Katanya MIFI sudah habis dan saya dipersilakan mencoba di Gallery SUCI. Namun sama saja, siang itu  saya datangi Gallery SUCI pun stoknya kosong. Lalu untuk apa Smartfren memberikan promo jika stok barangnya tidak ada? Entahlah

Beberapa hari kemudian saya mendatangi Gallery Smartfren Bojongsoang untuk menanyakan Promo MIFI dan katanya stoknya sedang KOSONG juga dan saya diberi kontak BBM Gallery Bojongsoang agar ketika stok sudah ada, bisa saya ketahui dengan mudah.

Dua hari berlalu saya diberitahu bahwa Stok MIFI sudah tersedia dan saya bisa mendapatkan Promo MIFI gratis tersebut. MIFI yang tersedia adalah Andromax M2Y warna putih saja. Walaupun saya tidak terlalu suka warnanya tapi tak mengapa lah yang penting saya bisa mencoba jaringan 4G Smartfren di daerah tempat tinggal saya.

Prosedur untuk mendapatkan Promo tersebut juga tidak terlalu sulit. Intinya kita sebagai pengguna Smartfren jaringan EVDO / 3G di pindahkan ke jaringan 4G terbaru dari Smartfren dengan Device yang disediakan dari Smartfren (walaupun sebenarnya untuk Smartphone nya harus kita beli).
Kita di minta menunjukkan SMS Promo dari Smartfren, lalu memberikan KTP asli sebagai bukti verifikasi bahwa nomor smartfren tersebut adalah benar milik kita. Jika Nomor Smartfren yang kita miliki tidak didaftarkan atas nama sendiri maka Customer Service akan memverifikasi dengan cara lain, seperti menanyakan kapan terakhir isi pulsa, atau paket internet apa yang sedang kita pakai. Intinya hanya memastikan bahwa nomor tersebut benar milik kita.

Setelah proses verifikasi, maka Nomor Smartfren EVDO kita yang berwarna putih akan di migrasi ke nomor 4G yang berwarna hitam. Proses nya memakan waktu sekitar 30 menit. Selama itu kita akan mengisi beberapa form data yang diberikan CS dan mengisi pernyataan bahwa kita telah di migrasi ke jaringan 4G. Setelah itu saya mengisi pulsa sebesar Rp 100.000 dan bisa membawa pulang MIFI M2Y.



Sebenarnya selain Promo MIFI, saya juga mendapatkan pilihan lain, yakni diskon sebesar Rp 550.000 untuk pembelian Smartphone 4G Andromax. Dengan asumsi harga termurah yakni Smartfren Andromax EC / ES sebesar Rp 799.000, maka saya hanya perlu membayar Rp 249.000 untuk mendapatkan Andromax EC/ES.

Namun dengan pertimbangan bahwa Andromax C2 saya masih bagus dan saya juga ingin menggunakan Smartfren sebagai Modem, maka saya bawa pulang saja MIFI M2Y






Inilah penampakan Smartfren Andromax M2Y warna putih yang saya bawa pulang. Ukurannya hanya segenggaman tangan, lebih kecil dari Smartphone. Terdapat LED indikator power di tengah dan 4 indikator lain di bagian atas. Indikator sinyal 4G, transfer data, sinyal WIFI, dan WPS.



Dibandingkan dengan MIFI tipe lain, menurut klaim Smartfren tipe M2Y yang memiliki ketahanan batere paling tinggi. Katanya tahan sampe 10 jam pemakaian dan 300 jam standby. Tergantung kondisi lingkungan.




MIFI M2Y ini dilengkapi batere tebal dengan kapasitas 2000 mAh. Batere ini cukup besar baik dari segi kapasitas maupun ukuran. Karena ternyata hampir 70% berat MIFI ini ada pada baterenya. Dibalik batere ini terdapat slot kartu SIM dan slot micro SD untuk storage data via WIFI.

Agar Baterai Awet, Gunakan Charger Tenaga Matahari



Saya sempat beberapa kali melakukan tes kecepatan sinyal 4G dari Smartfren ini. Tes saya lakukan sore hari saat cuaca hujan di daerah Ciparay Kabupaten Bandung. Hasilnya cukup memuaskan mengingat daerah tempat saya tinggal cukup terpecil dengan bukit berketinggian sekitar 300 meter yang disebut Bukit Cula yang menjulang di belakang rumah.

Tes saya lakukan dengan menggunakan Smartphone Andromax C2 yang mendapat sinyal Wifi dari MIFI M2Y ini.





Ternyata pilihan saya tidak salah. Dengan memiliki MIFI M2Y ini, Smartphone Andromax C2 saya masih bisa saya pakai walaupun tanpa kartu. Jika anda ingin menggunakan mode GSM, anda tinggal beli lagi nomor baru Smartfren EVDO. Selain itu saya juga bisa berinternet ria dengan Laptop menggunakan sinyal WIFI yang sangat kuat dari MIFI ini. Saya bisa menghemat pengeluaran karena hanya dengan membeli satu pilihan paket data, saya bisa gunakan untuk lebih dari satu gadget dalam waktu bersamaan.

Yang terpenting adalah dengan MIFI ini, apapun gadget anda, anda bisa menikmati sinyal 4G yang bagus dari Smartfren. Yang terpenting gadget anda bisa menerima sinyal WIFI dengan baik. Bahkan MIFI M2Y ini bisa digunakan untuk 32 device sekaligus.

Untuk ketahanan baterai, selama saya memakai MIFI ini paling maksimal tahan sampai 6 jam saja. Mungkin karena saya memakai WIFI ini kemanapun saya pergi. Saya gunakan untuk Smartphone C2 saya.

Enam jam tersebut saya pakai mulai dari jam 6 pagi saya stel posisi ON dan saya bawa berangkat kerja dari daerah Ciparay menuju Cimahi sekitar 30 km dengan asumsi kekuatan sinyal fluktuatif selama perjalanan. Sampai dikantor saya biasa browsing sejenak sampe masuk kerja. Hingga akhirnya saya biarkan Smartphone dan MIFI saya standby. MIFI menunjukan gejala kehabisan baterai sekitar jam istirahat makan siang. 

Secara keseluruhan saya merasa puas dengan performa device keluaran Smartfren dari pabrikan Haier ini. Menurut saya, pilihan untuk migrasi dari EVDO ke 4G memang merupakan kebutuhan dan tuntutan zaman. Patut di coba..


Kesimpulan:

Kelebihan Smartfren Andromax M2Y

1. Bentuk Kecil, simpel, bisa masuk di saku, mudah dibawa kemanapun
2. Baterai lumayan awet, bisa diandalkan ketika kegiatan diluar ruangan
3. Bisa digunakan oleh 32 device sekaligus
4. Sinyal WIFI stabil dan kuat
5. Jangkauan sinyal 4G Smartfren cukup stabil dan luas
6. Harga paket data lumayan murah, Paket Smartfren Limitless Rp 60.000 untuk 4GB data
7. Bisa digunakan sebagai Modem ataupun WIFI Router


Kekurangan Smartfren Andromax M2Y

1. Mudah panas saat dipakai, panasnya cukup mengganggu jika dimasukkan ke dalam saku
2. Hanya bisa dipakai dengan kartu Smartfren saja
3. Tidak seperti modem lain, tidak ada fitur SMS.


Share this:

18 comments :

  1. Keren..
    Gw baru beli juga nih kuota perdana ga ada apa2nya langsung abis dipake anak gw nonton yutub.
    http://www.indoblazer.com

    ReplyDelete
  2. wuihh..mantap gan, bisa untuk menghemat biaya data untuk 4 gadget sekaligus ya gan

    ReplyDelete
  3. Mau tanya dong, kan aku isi 100, otomatis dia maketin sendiri kan. Nah pas aku cek di aplikasinya kok kuotanya lebih besar buat malem sih? Apa emang gitu ya paketannya? Yang kuota biasa cuma 2gb.

    ReplyDelete
  4. Mau tanya dong. Aku kan isi pulsa 100, trus dia otomatis maketin sendiri kan, nah pas aku cek di aplikasinya, kuota normalnya cuma 2gb, terus yang gedenya kuota malem. Tapi aku download malem2 yang berkurang justru kuota normalnya. Apa emang begitu ya kuotanya pake pembagian waktu? Mohon tanggapannya. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. paket malem klo ga salah bisa dipake jam 1 malem sampe jam 7 pagi..
      dan klo km online sebelum jam itu otomatis yang terpake paket normalnya..
      ketika memasuki waktu paket malem ada baiknya di disconnect dulu modem nya, baru connect lagi biar aktif paket malem nya..

      Delete
  5. smartfren kalau dibuat download kecepatannya menggila tapi kalau di pakai main game koneksinya diluardugaan(lumayan lemot)

    ReplyDelete
  6. Boros ah satu bulan abis 4 ratus ribu

    ReplyDelete
  7. Cocok dah bwt pengganti Indihome..

    ReplyDelete
  8. Sy newbe pake smartfren.. Dan puas so far.. D sy jg org bdg diskotik alias disisi kota saeutik dgn nama tempat SAPAN DERWATI tdk jauh dr summarecon.. Dan setelah lihat ulasan akang sy semakin yakin gunain mifi mengingat gadget sy lbh dr 3(1bb,1samsung,1iphone,1 andromax 4GLTE,dan 1 notebook) hehe

    ReplyDelete
  9. Sy newbe pake smartfren.. Dan puas so far.. D sy jg org bdg diskotik alias disisi kota saeutik dgn nama tempat SAPAN DERWATI tdk jauh dr summarecon.. Dan setelah lihat ulasan akang sy semakin yakin gunain mifi mengingat gadget sy lbh dr 3(1bb,1samsung,1iphone,1 andromax 4GLTE,dan 1 notebook) hehe

    ReplyDelete
  10. Mau tanya dong,m2y sama m3y bagus mna?
    Denger2 yg m3y ga bisa pake paket data yg limitless itu ya mas?
    Kalo yg m2y sampe sekarang apa masih bisa pake yg limitless?!
    Need answer.soalnya mau beli.
    Thx before.

    ReplyDelete
  11. A saya tinggal di komplek ciparay indah.. Coba dong a review disini bagus apa enggak signalnya. soalnya pake model smart jelek. Jd pengen tau kalo pake mifi bagus apa sama aja jelek. Makasih

    ReplyDelete
  12. Ini bisa di set pake password ? Kalo nggaada paswordnya kan semua orang disekitar bisa nikmatin

    ReplyDelete
  13. Iyo penak mi-fi m2y pancen matoh, tapi sayange boros data....

    ReplyDelete
  14. Saya sudah satu tahun pakai m2y dapat promo. Jaringan 4Gnya terasa banget ketika hp terkoneksi dgn wifi dari m2y. Mantap! Cuma 13gb saja cepat habis hiks.... cuma kepake 2 mnggu.

    ReplyDelete

loading...
 
Copyright © 2014 Rasendriya Bercerita. Designed by OddThemes