BREAKING NEWS
loading...
loading...

Sunday 27 September 2015

Varietas Lele Sangkuriang

Lele sangkuriang akhir-akhir ini mulai mendapatkan tempat istimewa baik dikalangan peternak, pelaku usaha maupun konsumen lele. Tak jeran jika lele jenis baru ini kian lama kian digemari, pasalnya lele sangkuriang memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan lele dumbo biasa.

Angka produksi lele sangkuriang lebih tinggi dibandingkan lele dumbo biasa. Berdasarkan pengalaman di lapangan, untuk membesarkan benih lele dumbo sebanyak 1000 ekor dengan pemberian pakan 1 kwintal hanya menghasilkan lele konsumsi sebanyak 70-80 kg. Sedangkan untuk lele sangkuriang dengan jumlah benih dan pakan yang sama dapat menghasilkan 1-1,4 kwintal.



Masa panen lele sangkuriang pun baik di tingkat pembenihan maupun di tingkat pembesaran terbukti lebih cepat dibandingkan lele dumbo. Di tingkat pembenihan, pertumbuhan lele sangkuriang dari ukuran 2-3 cm untuk mencapai ukuran 5-6 cm memerlukan waktu 20-25 hari. Sedangkan pada lele dumbo membutuhkan waktu sekitar 30-40 hari.

Pada tingkat pembesaran, untuk penebaran benih 5-6 cm, untuk mencapai ukuran lele konsumsi siap panen lele sangkuriang hanya membutuhkan waktu 50-60 hari dengan asumsi suhu rata-rata 25-28 derajat celcius. Masa panen akan lebih cepat lagi jika dibesarkan di daerah yang memiliki suhu tinggi. Sebagai contoh untuk daerah yang suhunya 35-38 derajat celcius hanya memerlukan waktu 45 hari saja sampai lele siap panen. Sementara pada lele dumbo memerlukan waktu 3-4 bulan

Disamping itu kemampuan bertelur induk lele sangkuriang lebih besar dua kali lipat dibandingkan dengan lele dumbo. Jika satu ekor induk lele dumbo dalam sehari bertelur biasanya menghasilkan 20.000-30.000 butir, sedangkan lele sangkuriang mempu bertelur hingga 40.000-60.000 butir. Begitu juga dengan daya tetasnya. Daya tetas lele dumbo terbilang cukup tinggi yakni 80% akan tetapi lele sangkuriang lebih tinggi lagi, yakni 90%. Dengan demikian angka profuksi lele sangkuriang menjadi lebih tinggi dibandingkan lele dumbo



Semua jenis lele memiliki pertahanan tubuh berupa lendir di kulitnya, termasuk lele sangkuriang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi, jenis bakteri yang saring menyerang ikan air tawar jarang ditemukan di kolam atau wadah budidaya ikan LEle sangkuriang, terutama Trichoda sp dan Ichthiophthirius sp. Namun demikian langkah-langkah pencegahan terhadap penyakit mutlak diperlukan.

Sementara itu daging lele sangkuriang memiliki tekstur daging yang lebih padat dan minim kandungan lemak jika dibandingkan lele dumbo. Dari segi rasa pun memiliki keunggulan yakni renyah, lebih gurih dan tidak bau lumpur. Apalagi jika dibudidayakan secara organik lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi. Lele jenis ini pun memiliki kandungan omega 3 yang sangat baik untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak.



Pada dasarnya pemeliharaan lele air tawar lebih mudah dibandingkan ikan air tawar lainnya. Namun teknik pemeliharaan lele sangkuriang relatif jauh lebih mudah dibanding dengan lele dumbo biasa apalagi dibandingkan dengan pemeliharaan jenis ikan lainnya. Lele sangkuriang bisa dibudidayakan di lahan yang sempit. hanya diperlukan lahan 5 x 2 meter saja untuk membesarkan benih 1000 ekor

Dengan luas lahan tersebut, pembudidayaan lele dapat menghasilkan lele konsumsi sebanyak 1-1,4 kwintal. Selain itu untuk menghemat biaya pembuatan kolam, lele sangkuriang bisa juga dibudidayakan menggunakan kolam terpal.

Dengan demikian varietas lele sangkuriang memang lebih ungguk dibanding dengan varietas lele lainnya. Di samping pembudidayaan lebi hmudah, lele sangkuriang juga memiliki kualitas daging dan pasar lebih tinggi. Apabila anda tidak memiliki lahan yang luas pun, lele varietas ini dapat anda budidayakan dan tentu saja dapat anda lakukan sebagai pekerjaan sampingan yang menghasilkan income yang sangat menjanjikan.

Sumber
Kunci Sukses Budidaya Ikan Lele Sangkuriang di Lahan Sempit

Share this:

Post a Comment

loading...
 
Copyright © 2014 Rasendriya Bercerita. Designed by OddThemes