BREAKING NEWS
loading...
loading...

Wednesday 15 February 2017

Mengenal Lebih Jauh Tentang Marka Jalan yang diproduksi PT. Tunas Makmur Jaya Abadi (Djoyoline Group)

Apa itu Marka Jalan??



Banyak orang yang belum mengetahui apa itu marka jalan. Dulu, sebelum saya bekerja di PT. Djoyoline Group pun, saya tidak terlalu paham apa itu marka jalan. Bahkan sering definisi ini tertukar antara rambu dan marka jalan.

Menurut PERATURAN MENTERI PERHUBUNGAN  REPUBLIK INDONESIA Nomor PM 34 Tahun 2014, Marka Jalan adalah suatu tanda yang berada di permukaan jalan atau diatas permukaan jalan yang meliputi peralatan atau tanda yang membentuk garis membujur, garis melintang, garis serong serta lambang yang berfungsi untuk mengarahkan arus lalu lintas dan membatasi daerah kepentingan lalu lintas

Marka jalan adalah hal yang sangat penting sebagai fasilitas keselamatan lalu lintas. Walau terlihat sepele, sebenarnya Marka jalan memberikan manfaat yang sangat besar, terutama bagi pengendara saat berkendara dimalam hari saat kondisi minim cahaya dan saat hujan.

Biaya untuk pemasangan marka jalan memang cukup besar, tetapi ini sebanding dengan manfaat tingkat keselamatan yang didapat dengan adanya marka jalan.

Prinsip utama dari marka jalan adalah meningkatkan kewaspadaan pengemudi dengan meningkatkan tingkat visibilitas berkendara, membuat apa yang tidak terlihat menjadi terlihat dengan jelas.

Pemilihan bahan untuk meningkatkan visibilitas berkendara ini juga menjadi sangat penting. Pemilihan jenis bahan ini ditentukan dari berbagai jenis faktor. Beberapa diantaranya seperti dinilai dari seberapa padat lalu lintas jalan yang dilewati, jenis jalan, cuaca, iklim, bahkan budaya daerah setempat.

Sampai saat ini dalam dunia fasilitas keselamatan, khususnya marka jalan, ada lima kategori bahan dalam pembuatan marka jalan, yakni
Thermoplastic, Coldplastic, Preform Thermoplastic, Waterbase, dan Solventbase

Thermoplastic
Thermoplastic, sesuai dengan namanya, cat ini memerlukan panas dalam aplikasinya. Cat ini biasanya merupakan campuran dari berbagai jenis bahan padat yang kemudian dipanaskan hingga meleleh untuk selanjutnya di aplikasikan menggunakan cetakan khusus. Itu sebabnya sebagian orang menyebutnya sebagai Hotmelt Thermoplastic karena dalam aplikasinya cat ini dipanaskan hingga meleleh kemudian di cetak pada permukaan jalan.

Jenis cat thermoplastic adalah jenis marka yang umum digunakan di seluruh jalan di Indonesia. Selain karena faktor biaya yang cukup rendah dibanding jenis cat lain, cat thermoplastik juga memiliki keunggulan dalam hal kekuatan dan tingkat retroreflektifnya. Retroreflektif adalah kemampuan dari marka untuk memantulkan cahaya dari lampu kendaraan. Ini kembali kepada fungsi awal dari marka jalan yakni untuk meningkatkan visibilitas berkendara, dari yang tidak terlihat menjadi lebih terlihat dengan jelas.
Konvensional Thermoplastic



Untuk membuat bahan thermoplastk ini bisa memantulkan cahaya, pada saat aplikasinya ditaburkan sejumlah glass bead (manik-manik kaca) berupa serbuk kaca berbentuk bulat yang sangat kecil dan halus. Glassbead inilah yang menentukan tingkat retroreflektifitas suatu bahan marka jalan selain dari pada faktor warna dan bahan cat. Namun seiring berjalannya waktu, taburan  glassbead ini akan hilang karena tergerus roda kendaraan yang lewat. Sehingga agar umur marka dan tingkat visibilitasnya tetap baik sepanjang waktu, maka glassbead juga dicampurkan dalam bahan marka dan ditentukan ketebalannya antara 2-3 mm sehingga bisa bertahan dari abrasi gesekan roda kendaraan selama beberapa waktu, di Indonesia biasanya sekitar 2 tahun.

Di Indonesia sendiri terdapat dua jenis marka thermoplastic, yakni konvensional dan profil. Marka jenis konvensional biasanya berupa garis solid atau garis putus-putus. Garis solid biasa kita temukan sepanjang pinggir jalan sebagai penanda batas tepi jalan. Sedangkan garis putus-putus biasa kita temukan di garis tengah jalan sebagai pembatan jalur dari arah yang berbeda.

Profil Thermoplastic

Marka profil sendiri hampir mirip dengan marka konvensional, hanya saja marka profil dimodifikasi dengan menambahkan profil berupa tonjolan yang dibuat sedemikian rupa (biasanya berbentuk kotak dengan ketebalan 5mm) sehingga memberikan efek audible dan getaran saat dilindas roda kendaraan. Hal ini dapat meningkatkan kewaspadaan pengendara terutama ketika berada pada daerah-daerah yang rawan kecelakaan. Selain itu, dengan ketebalan mencapai 5 mm, marka profil dipastikan tidak tergenang air saat hujan sehingga masih memiliki tingkat visibilitas yang baik walaupun jalanan basah.







Coldplastic
Bisa dikatakan coldplastic ini merupakan kebalikan dari thermoplastic. Jika thermoplastic membutuhkan panas (endorterm) dalam pengaplikasiannya, maka coldplastic ini mengeluarkan panas (eksoterm) saat aplikasinya, terutama karena disebabkan reaksi polimerisasi bahan-bahan di dalamnya.

Cat Coldplastic ini biasanya terdiri dari dua atau tiga komponen. Komponen ini biasanya terdiri dari Cat, Katalis, dan bisa juga agregat/kerikil untuk meningkatkan kekasaran hasil aplikasi agar tidak licin. Semua komponen ini dicampur sesaat sebelum aplikasi hingga merata lalu baru di aplikasikan pada permukaan jalan. Jenis Cat Coldplastic ini termasuk jenis cat yang fast curing, atau cepat sekali mengering sehingga aplikasinya membutuhkan kesigapan dari aplikator yang bekerja secara continue. Jika aplikator kurang sigap dan terlambat dalam aplikasi maka hasil aplikasi kurang optimal. Cat biasanya akan mengering sebelum teraplikasi, jika dipaksakan biasanya cat akan mengelupas kembali dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Cat coldplastic biasanya digunakan pada jalanan yang memiliki tingkat lalu lintas yang tinggi dan beriklim dingin. Cat coldplastic memiliki ketahanan terhadap cuaca dingin yang lebih baik daripada thermoplastic yang cenderung lebih getas di cuaca yang dingin. Tetapi di aplikasikan di cuaca panaspun cat coldplastic tetap memiliki tingkat kekuatan yang lebih baik.

Terdapat dua jenis cat coldplastic yang digunakan di Indonesia, yakni Coldplastic Konvensional dan Coldplastic Coloring Surface.

Coldplastic Konvensional adalah jenis Cat Coldplasti yang digunakan untuk membuat marka jalan berupa garis menerus, modul, zebra cross, tanda panah, zevron, rumble stripe serta marka lambang lainnya. Hasilnya mirip dengan aplikasi cat thermoplastic konvensional dimana warna yang digunakan biasanya terbatas pada dua warna yakni putih dan kuning. Dalam cat colplastic konvensional ini juga ditambahkan glassbead intermix dan drop on untuk meningkatkan tingkat retroreflektifitasnya sehingga terlihat dengan jelas saat terkena cahaya lampu kendaraan di malam hari

Aplikasi Cat Coldplastic Konvensional untuk garis solid tepi jalan

Aplikasi Cat Coldplastic Konvensional untuk marka tekstur profil


Jenis Cat Coldplastic lainnya adalah Coloring Surface, yakni cat coldplastic yang khusus digunakan untuk mewarnai permukaan jalan. Jika anda sering berhenti di RHK (Ruang Henti Khusus) untuk sepeda motor, melewati ZoSS (Zona Selamat Sekolah), jalur busway, karpet merah atau jalur sepeda yang diberi warna-warna mencolok, itulah hasil aplikasi dari cat Coldplastic Coloring Surface. Fungsi cat ini adalah untuk memberi tanda wilayah-wilayah di jalan yang memerlukan perhatian khusus. Cat Coldplastic ini di desain agar memiliki kekuatan yang baik baik dalam hal daya lekat pada permukaan jalan dan juga tingkat warnanya sehingga memiliki visibilitas yang baik oleh pengendara.

Aplikasi cat Coldplastic Coloring Surface untuk Ruang Henti Khusus

Aplikasi cat Coldplastic Coloring Surface untuk Jalur Sepeda


Dalam aplikasinya, cat ini diberi komponen khusus agar memiliki tingkat kekasaran yang cukup sehingga tidak licin, walaupun sering terjadi kesalahan dalam pemasangan, desain dan juga teknik aplikasi yang membuat jalanan yang diwarnai dengan cat ini menjadi seolah licin.


Biasanya cat jenis ini diaplikasikan dengan ketebalan sekitar 2-3 mm yang membuatnya tahan terhadap abrasi gesekan roda kendaraan dalam jangka waktu yang lama dibandingkan dengan jenis cat lain 



Preform Thermoplastic
Preform Thermoplastik adalah teknologi baru dalam pembuatan cat marka jalan berupa garis, simbol, huruf atau angka yang sebelumnya sudah dibentuk terlebih dahulu oleh pabrikan dan dapat dipasang tanpa memerlukan alat khusus seperti marka jalan thermoplastik konvensional.

Dengan preform thermoplastik, marka jalan yang berbentuk rumit dapat dipasang dengan rapi, presisi tanpa menghilangkan nilai estetika, durabilitas/kekuatan dan cost yang masih kompetitif

Preform thermoplastik juga dibuat untuk bisa memantulkan cahaya sehingga memiliki nilai retroreflektif yang tinggi sehingga meningkatkan visibilitasnya di malam hari. Glassbead intermix di tambahkan dalam proses pembuatannya begitu juga glassbead drop on yang ditabur selama proses aplikasinya.


Pemasangan marka preform thermoplastik ini cukup menggunakan alat berupa burner LPG untuk memanaskan preform thermoplastik.

Share this:

Post a Comment

loading...
 
Copyright © 2014 Rasendriya Bercerita. Designed by OddThemes