BREAKING NEWS
loading...
loading...

Tuesday 9 June 2015

Tips Merawat Sepatu Kesayangan Anda

Sepatu merupakan barang yang sudah tidak asing lagi dalam keseharian kita. Selain sebagai alas pelindung kaki saat berpijak di tanah, sepatu adalah salah satu produk fashion yang memiliki beragam warna, design dan bahan. Selain fungsi utamanya sebagai pelindung kaki, ada banyak fungsi lain dari sepatu ini yang disesuaikan dengan design pembuatan dan bahan baku pembuatnya. Misalnya sepatu olahraga dibuat dengan design yang ergonomis dan terbuat dari bahan karet yang fleksibel yang bisa meningkatkan performa tubuh kita saat berolahraga. Karena beragamnya bahan dan design sepatu tersebut tentunya beragam pula cara perawatan sepatu tersebut.



Biasanya kita selalu menyepelekan masalah perawatan sepatu ini, mungkin karena letaknya di bawah dan jarang terlihat oleh mata secara detil kita jarang memperhatikan setiap kerusakan yang ada pada sepatu kita. Padahal di saat tertentu kehadiran sepatu ini menjadi penting. Mungkin sering kita alami secara tidak sadar sepatu yang kita pakai tiba-tiba jebol, rusak, sobek dibagian tertentu atau bahkan mangap-mangap karena sol nya lepas. Bukan tidak mungkin ini disebabkan kurangnya perhatian kita terhadap perawatan sepatu yang kita miliki.
Untuk itu kita akan coba berikan beberapa tips untuk merawat sepatu agar tetap nyaman dan bisa dipakai tahan lama.

Pakailah sepatu sesuai fungsinya
Maksudnya jika kita memiliki sebuah sepatu untuk jogging, maka gunakanlah untuk jogging dan hal-hal lain yang setidaknya tidak melebihi beban fungsi selain jogging, misalnya untuk jalan kaki, nongkrong, naik motor dan lain sebagainya. Jangan sampai karena merupakan sepatu kesayangan, sepatu jogging dipakai kemanapun anda pergi, saat bermain futsal, hiking, tracking, atau bermain sepak bola. Kami yakin hal ini pernah anda lakukan entah itu sengaja atau saat kepepet karena tidak ada sepatu lain.  Dan percaya atau tidak hal ini menjadi faktor utama penyebab sepatu anda tidak tahan lama.

Gantilah pemakaian sepatu minimal seminggu sekali
Kasus ini mungkin sering terjadi untuk anda yang punya sepatu kesayangan atau juga anak-anak kos yang mungkin hanya punya sepatu yang itu-itu aja. Lantaran sangat suka dengan sepasang sepatu entah itu karena nyaman, atau pun karena itu satu-satunya sepatu bagus yang dimiliki maka setiap hari kemanapun anda pergi selalu memakai sepatu yang sama, bahkan untuk berminggu-minggu lamanya sampai tidak pernah sempat dicuci. Kami sarankan hindari kebiasaan ini, selain dapat mempercepat kerusakan sepatu, orang juga lama kelamaan akan bosan melihat pernampilan anda dengan sepatu anda yang itu-itu aja. Kami sarankan, milikilah minimal 2 pasang sepatu agar anda bisa mengganti pemakaian sepatu minimal seminggu sekali. Jadi saat yang satu sedang di cuci anda bisa memakai sepatu lain yang anda miliki. Jangan jadikan masalah budget sebagai alasan! Jika pakaian saja anda bisa memiliki beberapa stel, mengapa sepatu yang hanya 2 pasang saja anda tidak mampu membelinya??

Cucilah sepatu paling tidak 2 minggu sekali
Sepatu termasuk produk fashion yang paling jarang dicuci, berbeda dengan baju atau celana yang biasanya sekali pakai langsung cuci. Padahal sepatu yang dipakai di bagian bawah tubuh lebih cepat terkena kotoran, beragam bakteri, dan debu. Tahukah anda debu dan kotoran terutama air hujan akan dengan cepat merusak sepatu terutama yang berbahan kulit, suede dan juga karet. Sepatu dengan bahan ini memerlukan perawatan ekstra sehingga diusahakan dijauhkan dari air hujan. Air hujan juga menjadi musuh utama bagian lem sepatu karena sebagus apapun kualitas lem yang dipakai pada pembuatan sepatu, air hujan yang bersifat asam akan dengan mudah merusak zat perekat ini. 
Kami sarankan untuk sepatu berbahan karet jika setelah terkena air hujan, cucilah langsung sepatu anda, jangan hanya dijemur karena air hujan yang tidak dicuci akan dengan cepatu merusak bagian lem dan juga karet sepatu anda. Untuk sepatu berbahan kulit atau suede, jika terkena air hujan, jangan dicuci dan juga jangan dijemur dibawah terik matahari langsung, karena bisa merusak bagian permukaan dan juga struktur kulitnya. Cukup dikeringkan dengan cara diangin-angin saja. Jika tidak terkena air hujan pun, selain sepatu kulit, usahakan cuci sepatu anda minimal 2 minggu sekali. Sepatu yang bersih akan memperbaiki penampilan anda dan juga memperpanjang umur sepatu anda.

Simpan sepatu di tempat yang kering dan jauhkan dari kelembaban
Kelembaban adalah faktor utama penyebab jamur dan bakteri berkembang biak. Jamur dan bakteri sangat cepat berkembang di tempat seperti ini. Jika anda tidak ingin sepatu anda berjamur dan menjadi bau, simpanlah sepatu anda di tempat yang kering, sejuk, dan terbebas dari debu. Jangan menyimpan sepatu di rak untuk jangka waktu yang sangat lama. Sepatu yang tidak dipakai lebih cepat rusak dibanding sepatu yang rutin dipakai. Jika memang sepatu tidak akan dipakai dalam waktu yang lama, simpan lah di kotak kardus yang dipakai saat membungkus sepatu saat anda membelinya. Tambahkan desican ke dalamnya untuk mencegah kelembaban. Desican adalah bahan yang dapat menyerap air, terutama di udara yang biasanya berupa butir-butir yang dibungkus sebuah kantong kertas. Saat anda membeli sepatu baru, pasti didalam dus sepatunya akan anda temukan sekantong kecil desican.

Share this:

Post a Comment

loading...
 
Copyright © 2014 Rasendriya Bercerita. Designed by OddThemes