BREAKING NEWS
loading...
loading...

Wednesday 3 June 2015

Tips Mengeringkan Sepatu dengan Cepat

Musim hujan telah tiba, jalanan nampak selalu basah, becek dan tentunya kotor. Jika anda adalah orang yang sering bepergian setiap hari, pastinya merasakan bagaimana musim hujan ini membuat anda jadi harus lebih sering mencuci barang-barang anda karena sering terkena air hujan. Salah satu barang yang paling sering kotor dan basah di musim hujan adalah sepatu.


Sepatu jadi barang yang paling sering terkena kotoran saat hujan karena letaknya yang berada di bagian paling bawah tubuh kita, dekat dengan tanah dan sudah pasti akan lebih cepat basah dan kotor. Meskipun tidak terlalu terlihat mencolok jika kita memakai sepatu yang kotor, namun membiarkan sepatu kotor adalah cara yang terbaik untuk membuatnya cepat rusak. Air hujan bersifat asam dan bisa membuat bagian karet dan lem di sepatu kita mudah rusak jika tidak segera dibersihkan. Selain itu kotoran seperti lumpur akan makin sulit dibersihkan jika kita biarkan menempel terlalu lama di sepatu. Jadi mau tidak mau di musim hujan seperti ini, anda harus lebih sering mencuci sepatu anda, terutama setelah terkena air hujan. Lalu bagaimana jika sepatu yang kita punya tidak banyak? atau mungkin sepatu yang kita punya hanya itu satu-satunya? Jika kita cuci dan tidak kering bagaimana? Mungkin itu yang sering jadi bahan pertimbangan orang-orang ketika akan mencuci sepatu mereka. Oke disini saya akan berbagi tips tentang bagaimana cara mengeringkan sepatu dengan cepat, bahkan tanpa bantuan cahaya matahari. Dalam semalaman saja anda bisa membuat sepatu anda kering. Jadi jika sore harinya anda mencuci sepatu, maka yakinlah esok harinya sepatu itu bisa anda pakai kembali, penasaran? simak yang berikut:

Pertama anda harus memastikan bahwa setelah mencuci sepatu anda, anda harus membuat sepatu anda terbebas dari genangan air berlebih. Anda bisa menggantungnya terlebih dahulu agar tak ada air yang tergenang.

Setelah dirasa sudah terbebas dari air, anda bisa menggunakan kertas koran yang dimasukkan ke bagian dalam sepatu anda. Masukkan sebanyak mungkin hingga benar-benar padat. Kertas koran terbukti sangat efektif menyerap air disepatu anda, terutama dibagian busa dan kain sepatu anda. Koran mempunyai daya serap yang lebih besar dari pada bahan sepatu anda.

Cek setiap 30 menit sekali, karena biasanya koran yang anda masukkan sudah cukup banyak menampung air dari sepatu anda dan tidak bisa menyerap lebih banyak lagi. Anda harus mengganti korannya dengan koran baru agar air yang tersisa bisa diserap kembali. Ulangi terus sampai anda rasa sepatu anda sudah cukup kering.

Walaupun bisa menyerap air dengan kertas koran, namun sepatu anda tidak akan benar-benar kering sempurna. Untuk menyiasatinya, anda bisa memakai 3 alat yang biasa ada di rumah anda untuk mengeringkan sepatu anda. Saya beri contoh tiga alat ini karena rata-rata anda pasti memiliki alat ini di rumah, apa saja? berikut contohnya:



TV Tabung
TV Tabung masih banyak dimiliki sebagian orang, walaupun sebagian lainnya sudah beralih ke LCD TV atau LED TV. TV tabung ini bisa kita manfaatkan untuk mengeringkan sepatu yang masih basah setelah kita bungkus dengan kertas koran tadi. Biasanya TV tabung memiliki body yang cukup besar di belakangnya, dan ini cukup untuk kita meletakkan sepatu kita di atasnya. Pastikan anda melakukan ini ketika sepatu anda sudah hampir kering. Jangan meletakan sepatu basah langsung ya! hehe..
TV Tabung biasanya mengeluarkan panas berlebih di bagian belakangnya, ini yang menyebabkan TV Tabung lebih boros energi dibanding LCD TV. Panas inilah yang bisa kita manfaatkan untuk mengeringkan sepatu, ibaratnya seperti sedang membakar sate, kita bisa bolak balik sepatu kita di atas TV Tabung sampai semua bagian sepatu kita kering merata.

Monitor Tabung
Jika tidak ada TV Tabung, anda juga bisa memakai Monitor Tabung untuk komputer anda sebagai alat pengering sepatu. Cara kerjanya persis seperti cara kerja mengeringkan sepatu di atas TV tabung

Magic Warmer
Alat yang juga bisa kita manfaatkan untuk mengeringkan sepatu adalah Magic Warmer atau yang lebih kita kenal sebagai Magic Com, yakni alat untuk menghangatkan nasi. Hampir setiap rumah memiliki alat ini di dapurnya. Karena selalu mengeluarkan panas sepanjang pengoperasiannya, anda bisa memanfaatkan panasnya untuk mengeringkan sepatu anda. Sama seperti cara diatas, anda juga harus memastikan anda menggunakan alat ini hanya untuk mengeringkan sepatu yang tidak terlalu basah. Anda cukup meletakan sepatu anda di atas alat ini hingga sepatu anda kering sempurna dan merata.

Jad setelah kita tau bagaimana cara mengeringkan sepatu dengan cepat semalaman, walau tanpa cahaya matahari, tentunya anda sudah tidak usah ragu lagi mencuci sepatu setelah terkena air hujan bukan?? Kecuali tantangan rasa malas tidak bisa anda kalahkan. Mungkin di lain waktu saya akan membuat tips menghilangkan rasa malas mencuci sepatu. Hehe..

Share this:

Post a Comment

loading...
 
Copyright © 2014 Rasendriya Bercerita. Designed by OddThemes