BREAKING NEWS
loading...
loading...

Wednesday 3 June 2015

Tips Menghindari dan Mencegah Kaki Lecet

Salah satu masalah yang sering terjadi pada kaki adalah lecet. Lecet adalah gejala dimana terjadi benjolan kecil pada bagian kaki akibat gesekan yang terus menerus. Benjolan ini bisa menjadi berisi cairan karena terpisahnya lapisan kulit akibat gesekan dan masuknya cairan akibat kondisi lembab. Benjolan akibat lecet ini bisa menjadi terasa sakit dan perih apabila terus dibiarkan. Lecet biasanya terjadi pada orang yang tidak terbiasa memakai sandal atau sepatu untuk berjalan dan berlari dalam waktu cukup lama. Selain itu,seseorang juga bisa mengalami lecet ketika memakai sepatu yang baru dipakai, sepatu yang tidak sesuai ukuran, atau pemakaian sepatu tanpa kaos kaki.



Walaupun terlihat sepele, tetapi kondisi lecet ini bisa menjadi sangat menyiksa. Gaya berjalan anda akan menjadi sedikit berubah jika kaki anda mengalami gejala lecet. Selain itu banyak juga orang yang tidak tahu bagaimana mengobati kaki yang lecet agar cepat sembuh seperti semula.

Mencegah Lebih Baik dari pada Mengobati Bukan?

Anda bisa mencegah kaki anda mengalami kondisi lecet. Jika anda pernah mengalami lecet dan tau bagaimana rasa sakitnya pastinya anda akan lebih serius melakukan pencegahan sebelum lecet itu terjadi. Dari faktor-faktor penyebab lecet itu sendiri kita bisa melakukan pencegahan terhadap kaki lecet, antara lain

Gunakan Sepatu Yang Sesuai
Seringkali karena sangat suka terhadap satu jenis sepatu, kita memakai sepatu tersebut kemanapun kita pergi dan apapun acaranya. Memang ada beberapa jenis sepatu yang cocok digunakan dalam acara apapun, namun tidak dalam kondisi ekstrim.  Setiap jenis sepatu sudah memiliki design khusus yang disesuaikan dengan kondisi kaki kita. Misalnya sepatu untuk berlari tentu memiliki design berbeda dengan sepatu untuk bermain Basket.

Sesuaikan Jenis Sepatu dengan Kegiatan Yang akan anda jalani

Karena design berbeda inilah maka sesuaikan jenis kegiatan dengan jenis sepatunya agar gerakan kaki kita bisa leluasa dan tidak lecet akibat gesekan kaki dengan design sepatu yang tidak sesuai.


Gunakan Sepatu Yang Sedikit Longgar
Ukuran pas memang enak dipandang mata, tetapi sedikit longgar akan lebih nyaman bagi kaki anda. Ini sudah menjadi rahasia umum dimana ketika memilih sepatu tentunya anda akan memilih ukuran yang sedikit longgar agar kaki anda terasa nyaman, tidak sesak, dan bisa bernafas sehingga tidak terasa panas. Selain itu sepatu yang sedikit longgar juga bisa menghindarkan anda dari lecet karena gerakan kaki bisa menjadi lebih leluasa.

Gunakan Sepatu yang sedikit Longgar agar anda terhindar dari hal seperti ini
Untuk hal ini saya yakin anda sudah punya standar ukuran masing-masing. Biasanya setiap orang memiliki dua ukuran sepatu yang bisa dipakai. Coba saja anda tanya teman anda, "Biasanya memakai ukuran sepatu berapa?" pasti jawabannya bisa lebih dari satu. 39-40 atau misalnya 37-38.


Gunakan Kaos Kaki Yang Nyaman

Pilihlah kaos kaki yang tepat untuk kaki anda

Kaos kaki bisa memberikan perlindungan ekstra terhadap kaki anda, selain menyerap keringat yang bisa menyebabkan bau kaki, kaos kaki juga bisa melindungi kaki anda dari gesekan yang bisa menyebabkan kaki lecet. Sebaiknya untuk kegiatan sehari-hari gunakanlah kaos kaki berbahan dasar spandex yang lebih fleksible namun tetap menyerap keringat. Selain itu dengan bahan ini kaki anda juga masih bisa bernafas karena sifat bahannya mempermudah pertukaran udara.

Gunakan Bedak atau Lotion 
Ada beberapa jenis sepatu yang memang dipakai tanpa menggunakan kaos kaki. Untuk menghindari lecet akibat gesekan, anda bisa menaburkan bedak atau mengoleskan lotion pada bagian yang dirasa sering bergesekan. Ini berguna agar permukaan kulit meenjadi lebih licin dan anda terhindar dari lecet

Share this:

Post a Comment

loading...
 
Copyright © 2014 Rasendriya Bercerita. Designed by OddThemes