BREAKING NEWS
loading...
loading...

Wednesday 26 September 2012

Catatan Perjalanan ke Taman Batu, Citatah, Kabupaten Bandung Barat, Januari 2012

Bagi yang sering melakukan perjalanan antara Bandung - Cianjur, mungkin sudah tidak asing lagi dengan perbukitan yang membentang dari Padalarang hingga Rajamandala, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Bentang alam yang menjadi bukti Cekungan Bandung pernah menjadi dasar sebuah laut dangkal pada 30 juta-25 juta tahun lalu itu kini meregang nyawa karena kerusakan masif akibat penambangan serakah yang tidak terkendali. Lihat saja setiap hari berton-ton batu kapur diangkut dari daerah ini untuk dijual. Padahal perbukitan ini menjadi suatu pemandangan unik yang tidak setiap daerah bisa memilikinya. Sadarkah kita bahwa tempat ini dulunya ada di bawah permukaan laut?


Batu Kapur yang terus digerus


Jika kebetulan melewat daerah ini, coba sejenak mainkan imajinasi anda. Jalan yang sedang anda lewati adalah daerah di bawah permukaan laut sekitar 25 juta tahun yang lalu. Bayangkan anda sedang menyelam dibawah laut dangkal dengan karang-karang yang indah dan ikan-ikan cantik yang berenang ke sana ke mari. Bayangkan juga beberapa tahun ke depan jika penggerusan kapur di sini diteruskan, apakah pemandangan ini akan hilang begitu saja? Untuk melihat pemandangan seperti ini lagi diperlukan waktu yang begitu lama, bahkan daerah ini harus tenggelam lagi ke permukaan laut jika ingin karang-karang ini terbentuk lagi.

Ilalang tumbuh disela-sela batu


Untung saja sekarang masih ada sisa-sisa gunung yang tidak ditambang, sehingga kita masih bisa menikmati keindahannya hingga saat ini. Coba suatu hari berkunjung ke Pasir Pawon, di atas nya kita bisa menikmati pemandangan Taman Batu yang begitu indah. Tidak percaya? Senin, 23 Januari 2012 yang lalu saya main ke sini. Tidak sulit untuk menuju lokasi ini. Dari Bandung kita hanya perlu berjalan mengikuti rute Bandung Cianjur. Jaraknya sekitar 25 km dari pusat kota Bandung. Pasir Pawon ini lokasinya ada di Kampung Cibukur, Desa Masigit, Kecamatan Citatah, Padalarang Kabupaten Bandung Barat.

Dari Jalan Raya Gunung Masigit, dari arah Bandung kita harus mencari Gapura menuju Pasir Pawon ini yang berada di kanan Jalan.
Melompati Batu Karang

di pinggir Jalan Raya Gunung Masigit

Mendaki Pasir Pawon

Share this:

Post a Comment

loading...
 
Copyright © 2014 Rasendriya Bercerita. Designed by OddThemes