BREAKING NEWS
loading...
loading...

Thursday 22 January 2015

Jalan-Jalan ke Curug Layung, Kabupaten Bandung Barat

Selain wisata kuliner dan fashion, tak ada salahnya anda juga coba berkunjung ke objek wisata alam yang ada di Bandung. Ada banyak sekali objek wisata alam yang bisa anda kunjungi di Bandung, mengingat Bandung yang letaknya dilingkung gunung, tentunya akan ada banyak tempat dengan pemandangan indah yang bisa anda nikmati di sekeliling Bandung mulai dari Barat, Timur, Selatan maupun Utara. Salah satu yang bisa dicoba adalah Curug Layung.

Curug dalam bahasa Sunda yang artinya Air Terjun memang banyak terdapat di wilayah Bandung karena di sekeliling gunung-gunung yang mengelilingi Cekungan Bandung terdapat banyak sekali mata air yang mengalir mengarah ke cekungan Bandung. Ada yang memang sudah resmi menjadi tempat wisata dan dikelola dengan cukup baik, namun ada juga yang masih jarang terjamah oleh wisatawan dan nampak masih alami.

Curug Layung via T. Bachtiar Geo 2012


Salah satu curug yang belum banyak dikunjungi wisatawan adalah Curug Layung di Cisarua Lembang. Curug ini merupakan salah satu dari sekian banyak Curug di Aliran sungai Ci Mahi. Terletak di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat, Curug ini sempat tertutup untuk umum ketika dulu wilayahnya termasuk ke dalam area latihan Kopassus di kaki Gunung Burangrang. Namun sejak tahun 2012 tempat ini mulai dibuka lagi sebagai objek wisata.

Curug Layung ini tidak terlalu tinggi alirannya, namun memiliki kolam alami yang cukup luas. Biasanya curug ini dijadikan areal berenang bagi para pengunjung yang tahan dengan dinginnya air sungai Ci Mahi yang mengalir dari hulunya di daerah Situ Lembang. Curug ini ada di urutan paling hulu di aliran sungai Ci Mahi, ke arah hilir makin ke bawah masih ada curug lain, yakni Curug Tilu, Curug Bugbrug, Curug Cimahi, Curug Panganten dan Curug Lalay.

Hiking Menuju Curug Layung

Menuju Curug Layung ini terdapat dua jalan utama yang bisa dilewati, yakni lewat jalur Komando dan lewat jalur daerah wisata CIC. Jika dari arah Bandung/Lembang, anda bisa memasuki jalan Kolonel Masturi hingga melewati objek wisata Curug Cimahi lalu masuk ke jalan Komando. Jika dari arah Cimahi, anda bisa melewati jalan Kolonel Masturi lalu masuk ke jalan Komando sebelum objek Wisata Curug Cimahi. Ikuti jalur menanjak hingga masuk gerbang wisata Curug Layung. Di sini anda bisa memarkirkan kendaraan dan membeli tiket masuk seharga Rp 10.000. Dari sini anda bisa hiking menyusuri jalur hutan pinus di kaki gunung Burangrang menuju Curug Layung.



Alternatif lain bisa lewat objek Wisata CIC. Objek wisata CIC ini masih berada di dekat pintu gerbang objek wisata Curug Cimahi. Masuk dan ikuti jalur menuju CIC dan membeli tiket seharga Rp 7000. Dari areal wisata CIC ini anda bisa menuju Curug Layung melewati jalur sungai atau jalur kebun teh. Bagi yang suka hiking, jalur CIC ini lebih menarik karena anda bisa hiking menyusuri jalur sungai Ci Mahi melewati Jembatan Bambu yang melintang di atas aliran sungai sekaligus bisa menikmati Curug Tilu yang mengalir setelah Curug Layung. Anda juga bisa menikmati hijaunya perkebunan teh Sukawana sebelum sampai di Curug Layung.





Dari objek wisata CIC menuju Curug Layung bisa ditempuh dengan waktu 30 menit hingga 1 jam perjalanan jalan kaki menyusuri sungai Ci Mahi. Perjalanan ini akan terbayar dengan indahnya pemandangan sepanjang perjalanan dan juga segarnya air di Curug Layung yang masih bersih dan alami.


Share this:

3 comments :

loading...
 
Copyright © 2014 Rasendriya Bercerita. Designed by OddThemes