BREAKING NEWS
loading...
loading...

Sunday 22 March 2015

Batu Ruby atau Batu Merah Delima, Batu Yang Dipercaya Bisa Memancarkan Cinta

Satu lagi batu yang banyak dipakai sebagai perhiasan atau batu akik, yakni batu jenis Ruby yang berwarna merah menyala. Batu Ruby dalam bahasa Indonesia sering disebut sebagai batu Mirah Delima atau Merah Delima. Batu Ruby adalah batu permata berwarna merah dan memiliki variasi antara merah muda hingga merah darah dan termasuk salah satu dari jenis mineral korundum (aluminium oksida). Warna merah pada batu ini lebih banyak disebabkan oleh kandungan kromium. Nama “Ruby” sendiri berasal dari kata dalam bahasa Yunani yakni “ruber” yang artinya merah. Jika di Indonesia namanya “merah delima”, berasal dari  perumpamaan buah delima yang isinya berwarna merah.

ilustrasi batu merah delima perlambang cinta via http://altovart.blogspot.com/

Batu Ruby alami sangat jarang ditemukan, tetapi rubi buatan dapat difabrikasi dengan cukup murah. Untuk itu berhati-hatilah terhadap batu ruby palsu. Ruby dianggap merupakan salah satu dari empat batu berharga bersama dengan safir, zamrud, dan intan. Harga batu ruby lebih banyak ditentukan oleh warna.

Batu Ruby yang memiliki warna merah paling berkilau akan memiliki harga sangat tinggi melampaui ruby lain dengan mutu yang sama.

skala batu ruby via http://altovart.blogspot.com/

Setelah warna, berikutnya adalah kejernihan: batu yang jernih menandakan harga tinggi. Batu Ruby umumnya dikenal dengan nama “Rubby Sapphire“ dan Batu Ruby disebut juga sebagai “King of Gemstone“.

Energi dari mineral Ruby dikatakan akan membuka hati seseorang terhadap rasa cinta, mengatasi rasa takut menjadi jelek dan tidak dicintai serta menghilangkan kekurang beruntungan. Batu Ruby juga dipandang sebagai pembawa kesehatan, menghentikan pendarahan dan menjadi pelindung terhadap kelicikan orang lain dan nasib buruk. Ruby juga dipakai untuk perlindungan terhadap perilaku sensitif dan menghindari perilaku menyimpang (mencegah terjadinya schizophrenia). Menurut legenda zaman dahulu, Ruby mampu untuk merujukkan/mendamaikan sepasang kekasih.

Bongkahan Batu Ruby alami via wikimaedia.org

Pada masa lampau Ruby digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk penawar racun atau untuk meracuni,untuk menghindarkan orang dari wabah, untuk membuang duka cita, untuk menindas sikap sombong,dan untuk mengalihkan pikiran dari berfikir untuk berbuat jahat bahkan dapat mengubah logam jadi emas. (Sumber: Kamus Brewer’S).

Dalam dunia astrologi, Ruby diyakini sebagai batu kelahiran untuk bulan Juli. Nilai kekerasan Ruby adalah 9 dalam skala Mohs atau setingkat dibawah berlian serta memiliki berat jenis  3,99 sampai 4.

Ada banyak mitos yang beredar luas di masyarakat, bahwa batu Merah Delima dapat mengeluarkan cahaya bila ditaruh dalam gelas berisi air, maka air tersebut akan menjadi merah sesungguhnya, namun sebenarnya tidak demikian.
Batu Ruby yang belum dipoles via http://quoteimg.com/

Batu Merah Delima asli memang mengeluarkan cahaya merah ketika ditaruh dalam air, namun air tersebut tidak serta merta berubah menjadi merah. Fakta sebenarnya ialah bahwa air tersebut nampak menjadi merah karena pantulan cahaya yang berasal dari batu Merah Delima tersebut, sedangkan airnya sendiri tetap berwarna bening. Seringkali dilakukan uji keaslian dan kekuatan rambatan cahaya merah dengan meletakkan gelas berisi air lalu dimasukkan batu Merah Delima ke dalam gelas tersebut, kemudian gelas tersebut diletakkan berdempetan dan sejajar lurus dengan gelas lain (gelas kaca), maka nampak air yang di gelas lain turut berwarna merah.

Share this:

Post a Comment

loading...
 
Copyright © 2014 Rasendriya Bercerita. Designed by OddThemes